Sunday, April 5, 2009

TUBAN Kota TUAK


Selain disebut sebagai Kota seribu Goa, Tuban disebut juga sebagai Kota Tuak. Hal tersebut dikarenakan disepanjang jalan Widang-Tuban banyak sekali dijumpai para pedagang legen, dan legen yang sudah berubah menjadi basi lah yang dinamakan tuak. Bahkan selain disepanjang jalan tersebut, banyak sekali ditemukan orang-orang yang sedang menikmati tuak disekitar sudut-sudut kota Tuban.

Legen yang terbuat dari pohon siwalanTuak adalah sejenis minuman yang merupakan hasil fermentasi dari bahan minuman/buah yang mengandung gula. Tuak sering juga disebuat pula arak adalah produk yang mengandung alkohol. Bahan baku yang biasa dipakai adalah: beras atau cairan yang diambil dari tanaman seperti nira kelapa atau aren, legen dari pohon siwalan, atau sumber lain. Banyaknya pohon siwalan yang terdapat di Kota Tuban juga menjadi alasan Tuban yang dijuluki sebagai Kota Tuak.

Meskipun menurut ajaran agama islam minuman Tuak diharamkan, namun masih tetap saja banyak peminatnya yang merajalela di Kota Tuban. Namun terkadang orang-orang yang sedang menikmati tuak di pinggir-pinggir jalan dapat membuat warga sekitar resah. Seharusnya pemerintah Kota Tuban dapat membersihkan tempat-tempat yang digunakan orang-orang tersebut berkumpul atau pemerintah dapat membuat tempat yang dikhususkan bagi mereka-mereka untuk menikmati Tuak.

0 komentar:

Post a Comment

c0ment blog aQ eea??